Rabu, 19 Januari 2022

M31: Galaksi Andromeda

Kredit Foto: Subaru (NAOJ), Hubble (NASA/ESA), Mayall (NSF);
Pemroses & Hak Cipta: R. Gendler & R. Croman

Penjelasan: Objek langit terjauh yang masih mudah dilihat dengan mata telanjang adalah M31, atau yang lebih kita kenal dengan julukan Galaksi Andromeda. Bahkan pada jarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya, galaksi spiral besar yang berdiameter lebih dari 200.000 tahun cahaya ini dapat terlihat dengan jelas dari Bumi. Walau begitu, jika tanpa bantuan teleskop, kita hanya akan melihat Galaksi Andromeda seperti pita awan putih kecil yang samar-samar di arah rasi bintang dengan nama yang sama, Andromeda. Nah, foto di atas ini berbeda. Dipotret menggunakan teleskop antariksa Hubble, foto ini memperlihatkan wajah Andromeda secara detail, dengan inti galaksi berwarna kuning cerah, jalur debu yang gelap nan berkelok-kelok, dan lengan spiral yang dihiasi gugus bintang biru dan nebula merah. Foto ini juga diperkaya lagi dengan data foto yang diambil oleh teleskop di permukaan Bumi, yaitu teleskop Subaru di Jepang dan Mayall di Amerika Serikat. Apakah kamu ingin melihat Andromeda sebesar ini di langit malam tanpa bantuan teleskop? Sayang sekali, kamu harus bisa bertahan hidup dulu hingga 5 miliar tahun lagi untuk menikmatinya. Karena pada masa itu, kelak Galaksi Andromeda sudah akan cukup dekat dengan Bimasakti, bahkan akan mendominasi langit malam Bumi, sebelum akhirnya Galaksi Andromeda akan bersatu dengan Galaksi Bimasakti kita.

Alih Bahasa: Astuto Santosa