Jumat, 14 Januari 2022

Galaksi Penari Spayol

Kredit Foto & Hak Cipta: Mark Hanson and Mike Selby

Penjelasan: Terdiri atas miliaran bintang, NGC 1566 terletak pada jarak sekitar 60 juta tahun cahaya di arah konstelasi selatan Dorado. Dikenal sebagai galaksi Penari Spanyol, galaksi spiral ini kalau diamati sekilas memang terlihat cukup unik. Memiliki dua lengan spiral yang megah dan anggun, galaksi ini membentang lebih dari 100.000 tahun cahaya, yang dapat diketahui dengan melihat gugusan bintang biru cerah, daerah pembentukan bintang merah muda, dan jalur debu kosmis gelap yang berputar-putar secara spiral. Galaksi ini juga dikenal sebagai jenis galaksi Seyfert, yakni memiliki inti pusat yang bersinar terang dalam panjang gelombang radio, tetapi bukan merupakan quasar. Pusat galaksi ini kemungkinan besar bersemayam sebuah lubang hitam supermasif yang aktif melahap objek-objek di sekitarnya, seperti bintang-bintang dan debu galaksi. Oh iya, pada foto di atas, bintang-bintang yang tampak seolah berada di luar galaksi NGC 1566 merupakan bintang-bintang milik galaksi Bimasakti. Mereka terlihat karena foto ini memang diambil dari Bumi, dengan teleskop biasa.

Alih Bahasa: Riza