Kamis, 06 Januari 2022

Hari-hari Terakhir Venus sebagai Bintang Senja

Kredit Foto & Hak Cipta: Tamas Ladanyi (TWAN)

Penjelasan: Apakah kamu mengira bahwa objek di langit pada foto di atas itu Bulan sabit? Jika iya, kamu keliru. Objek langit yang berada di belakang tower dalam foto ini adalah planet Venus. Foto ini dijepret pada 1 Januari 2022 dari langit barat saat senja di Veszprem, Hongaria. Venus tampak ada banyak karena ini merupakan foto komposit yang digabung dari beberapa rangkaian eksposur dengan menggunakan kamera dan lensa telefoto. Foto ini memperlihatkan Venus yang sedang dalam fase sabit 2 persen, berjarak sekitar 40 juta kilometer dari Bumi kita. Sebagai planet kedua dari tata surya, Venus memang bisa tampak dalam fase sabit, tergantung posisinya dan arah sinaran Matahari pada permukaannya. Fase sabit terjadi ketika Matahari-Venus-Bumi berada hampir dalam satu garis lurus pada bidang tata surya. Pada momen tersebut, jika kamu melihat Venus menggunakan teleskop, maka semakin hari Venus akan terlihat seperti Bulan sabit yang semakin menipis hingga akhirnya tidak terlihat lagi di langit. Hal tersebut dikarenakan "bintang senja" itu akan berada sejajar dengan Matahari dan Bumi, atau yang disebut sebagai konjungsi inferior. Tahun ini, konjungsi inferior Venus akan terjadi pada tanggal 9 Januari 2022. Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir. Venus akan segera terlihat kembali di langit timur sebelum Matahari terbit pada akhir Januari 2022 ini sebagai "bintang fajar".

Alih Bahasa: Fitria Anggraeny