Kamis, 30 Desember 2021

Ekor Komet Leonard yang Sangaaaaat Panjang

Kredit Foto & Hak Cipta: Daniele Gasparri

Penjelasan: Komet C/2021 A1 (Leonard), komet paling terang tahun 2021, tampak berada di kiri bawah foto dua panel yang dipotret pada tanggal 29 Desember 2021 kemarin di gurun Atacama, Chile yang gelap. Sedang bergerak menuju perihelionnya (jarak terdekat dari Matahari) pada 3 Januari 2022 mendatang, ekor komet Leonard rupanya semakin tumbuh memanjang. Dipotret dengan teknik penumpukan eksposur dengan lensa sudut lebar (juga ditampilkan dalam foto hitam putih di sisi kanan panel), ekor ion komet Leonard diketahui memiliki panjang 60 derajat. Ekor komet yang begitu panjang ini sendiri terbentuk dar material penyusunnya yang menguap akibat radiasi dan angin Matahari yang menerpanya. Dan seiring dekatnya komet ini dengan Matahari, radiasi dan angin Matahari telah menyebabkan bentuk ekornya tidak teratur. Untuk saat ini, komet Leonard sudah cukup sulit diamati dari Bumi. Namun, jika kamu memiliki teleskop, kamu masih bisa menemukan komet ini dengan ekor panjangnya di arah rasi bintang Mikroscopium.

Alih Bahasa: Riza