Senin, 27 Desember 2021

Komet Leonard di Belakang Semburan Roket JWST

Kredit Foto & Hak Cipta: Matipon Tangmatitham (NARIT)

Penjelasan: Manakah dari dua objek di langit pada foto ini yang merupakan komet? Bisa tebak? Meskipun keduanya memiliki kenampakan yang mirip komet, hanya ada satu komet yang asli, yakni yang terletak di kiri bawah, sebelah kanan bangunan yang menjadi latar depan foto ini. Komet tersebut merupakan Komet Leonard, objek es seukuran kota Jakarta yang saat ini sedang melintasi tata surya bagian, yang sempat mencapai jarak terdekat dari Bumi pada 12 Desember 2021 kemarin. Memasuki Januari 2022, letak Komet Leonard kini sudah lebih dekat dengan Matahari. Radiasi yang intens dari bintang terdekat planet kita itu membuat ekor Komet Leonard bertambah panjang. Nah, objek mirip komet pada foto yang terletak di kanan atas Komet Leonard adalah semburan roket Ariane 5 dari peluncuran Teleskop Antariksa James Webb (JWST) dari Bumi dua hari lalu. Foto yang cukup unik ini dipotret di langit Thailand, di depan sebuah pagoda yang terletak di Taman Nasional Doi Inthanon. JWST, teleskop antariksa terbaru yang baru saja diluncurkan, dijadwalkan akan tiba ke titik orbitnya di L2 pada akhir Januari 2022 mendatang, dan baru akan beroperasi secara penuh pada Juni 2022.

Alih Bahasa: Riza