Rabu, 15 Desember 2021

Penampakan Komet Leonard di Luar Angkasa

Kredit Foto & Hak Cipta: Zhuoxiao Wang, Yangwang-1 Space Telescope, Origin.Space

Penjelasan: Seperti apa Komet Leonard jika dilihat dari luar angkasa? Seperti inilah wujudnya. Foto yang diambil dari teleskop ruang angkasa Origin.Space Yangwang-1 ini tidak hanya menampakkan Komet Leonard yang sedang terlihat terang saat ini, tetapi juga beberapa penampakan cantik benda luar angkasa lainnya. Dipotret lima hari yang lalu dalam sinar optik dan ultraviolet, C/2021 A1 (Leonard) terlihat dengan ekor memanjang di tengah foto. Bumi terlihat di kanan bawah, sedangkan lapisan atmosfer Bumi bersinar secara diagonal dari kiri bawah ke kanan atas. Jejak dua satelit dapat dilihat di latar depan bintang-bintang jauh yang menghiasi latar belakang di kiri atas. Pita cahaya redup yang membentang secara diagonal dari kanan bawah ke kiri atas adalah aurora. Menariknya, foto ini juga menangkap meteor yang melesat tepat di bawah pijaran udara. Jika kamu mau melihat Komet Leonard dari permukaan bumi selama beberapa hari ke depan, coba lihat ke arah ufuk barat sesaat setelah matahari terbenam atau sesaat sebelum matahari terbit.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar