Sabtu, 27 November 2021

Messier 101

Kredit Foto: NASA, ESA, CFHT, NOAO;
Pengakuan - K.Kuntz (GSFC), F.Bresolin (U.Hawaii), J.Trauger (JPL), J.Mould (NOAO), Y.-H.Chu (U. Illinois)

Penjelasan: Galaksi spiral besar dan indah ini, yang dikatalogkan sebagai Messier 101 (M101), merupakam salah satu entri terakhir dalam katalog objek langit non-komet yang dibuat oleh astronom Charles Messier. Berdiameter sekitar 170.000 tahun cahaya, galaksi ini sangat besar, hampir dua kali ukuran galaksi Bimasakti kita. M101 juga merupakan salah satu galaksi spiral pertama yang diamati oleh teleskop besar abad ke-19 milik Lord Rosse, Leviathan dari Parsontown. Dirangkai dari 51 eksposur yang direkam oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble pada abad ke-20 dan ke-21, dengan data tambahan dari teleskop berbasis darat, mosaik ini membentang sekitar 40.000 tahun cahaya melintasi wilayah tengah M101 dalam salah satu potret galaksi spiral definisi tertinggi yang pernah dirilis dari Hubble. Gambar yang tajam ini menunjukkan fitur menakjubkan dari cakram bintang dan debu di galaksi M101 bersama dengan galaksi latar belakang, beberapa terlihat langsung melalui M101 itu sendiri. Juga dikenal sebagai Galaksi Kincir Angin, M101 terletak di dalam batas-batas rasi bintang Ursa Major, sekitar 25 juta tahun cahaya jauhnya.

Kredit Konten: Messier 101