Sabtu, 13 November 2021

Komet Rosetta di Gemini

Kredit Foto & Hak Cipta: Rolando Ligustri (CARA Project, CAST)

Penjelasan: Mengitari Matahari sekali setiap 6,4 tahun, komet Churyumov-Gerasimenko (67P) telah kembali memasuki tata surya bagian dalam. Foto di atas ini dipotret ketika sang komet berada di arah rasi bintang Gemini pada 7 November 2021 kemarin. Memiliki bagian inti kehijauan, tampak ekor komet ini begitu panjang dan membentang ke kanan atas menuju arah bintang Upsilon Geminorum. Pada sisi kiri atas foto, tampak juga cahaya bintang Pollux, atau Beta Geminorum, bintang paling terang di rasi bintang Gemini. Churyumov-Gerasimenko baru saja mencapai perihelion (jarak terdekat dari Matahari) pada 2 November 2021 kemarin, kemudian mencapai perigee (jarak terdekat dari Bumi) pada 12 November 2021 pada jarak sekitar 0,42 AU, jarak yang masih terlalu jauh sehingga ia sangat redup untuk dilihat dengan mata telanjang. Komet ini merupakan satu-satunya komet di alam semesta yang pada permukaannya terdapat dua wahana antariksa buatan manusia yang didaratkan ke sana pada tahun 2016 silam, yakni Philae dan Rosetta. Kini, komet Churyumov-Gerasimenko, alias 67P, alias komet Rosetta, sudah mulai bergerak kembali ke tata surya bagian luar. Ia akan kembali 6,4 tahun lagi dari sekarang.

Alih Bahasa: Riza