Minggu, 07 November 2021

Nebula Mata Kucing dalam Sinar Optis dan Sinar-X

Pemroses & Hak Cipta: Rudy Pohl

Penjelasan: Ketika kamu melihat foto nebula ini, bentuk apa yang pertama kamu bayangkan? Apakah terlihat seperti mata kucing? Atau terlihat seperti cangkang keong kosmik raksasa? Nebula ini adalah salah satu nebula planeter paling terang dan paling detail yang pernah diketahui, yang terbentuk dari gas dan debu yang dilepaskan pada akhir kehidupan suatu bintang bermassa rendah mirip Matahari. Untuk bisa berbentuk unik seperti ini, bintang sekarat yang terletak pada pusat nebula planeter ini secara aktif mendorong lapisan terluarnya dalam serangkaian konvulsi berkala. Meski begitu, pembentukan struktur dalam yang indah, kompleks, tetapi simetris itu belum dipahami dengan baik. Foto ini adalah gabungan dari jepretan Teleskop Luar Angkasa Hubble yang dipertajam secara digital dengan cahaya sinar-X yang diperoleh dari Observatorium Chandra yang keduanya berada di orbit Bumi. Nebula planeter yang indah ini membentang sepanjang lebih dari setengah tahun cahaya. Dengan menatap Mata Kucing kosmik ini, kita sedang melihat nasib akhit Matahari kita kelak, yang ditakdirkan akan menjadi nebula pleneter seperti ini juga dalam waktu sekitar 5 miliar tahun lagi.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar