Rabu, 03 November 2021

Nebula Kepala Kuda dan Nebula Api

Kredit Foto & Hak Cipta: Wissam Ayoub

Penjelasan: Nebula Kepala Kuda adalah salah satu nebula paling terkenal di langit. Pada gambar di atas, nebula ini terlihat sebagai lengkungan hitam dengan emisi berwarna oranye sebagai latar di sebelah kanan gambar. Bagian yang mempresentasikan seperti kepala kuda ini tampak gelap karena pada dasarnya merupakan awan gas dan debu yang pekat dan buram. Seperti awan di atmosfer Bumi, awan kosmis ini sebenarnya memiliki bentuk yang acak. Namun, karena cenderung tidak terlihat perubahannya akibat jaraknya yang jauh dari Bumi, bentuk-bentuknya seolah mirip dengan suatu bentuk yang kita kenal di Bumi. Dalam jangka waktu ribuan tahun, pergerakan internal pada awan antarbintang ini pasti akan mengubah penampilannya. Emisi nebula yang berwarna oranye ini disebabkan oleh elektron yang bergabung kembali dengan proton untuk membentuk atom hidrogen. Di sebelah kiri bawah gambar tampak Nebula Api, sebuah nebula berwarna oranye yang juga mengandung filamen debu gelap yang rumit. Lalu tampak juga dua nebula yang saling berefleksi: nebula bulat IC 432 di ujung kiri, dan NGC 2023 biru tepat di kiri bawah dari nebula kepala kuda. Dua nebula ini bersinar dengan memantulkan cahaya bintang pusatnya.

Alih Bahasa: Astuto Santosa