Senin, 07 Juni 2021

Nova Terang di Kassiopeia

Kredit Foto & Hak Cipta: Chuck Ayoub

Penjelasan: Titik cahaya terang yang terlihat di sisi kanan gambar adalah sebuah nova. Meskipun nova sering terjadi di alam semesta, nova ini, yang ditemukan pada 18 Maret 2021 dikenal sebagai Nova Cas 2021 atau V1405 Cas dalam sepekan terakhir ini muncul sangat terang di langit Bumi sehingga bahkan dapat dilihat dengan mata telanjang dengan catatan langit cerah dan minim polusi cahaya. Nova Cas 2021 sempat muncul cukup terang selama sekitar satu minggu, kemudian meredup, dan sekarang menjadi terang lagi. Nova ini masih dapat terlihat hingga saat ini menggunakan teleskop di arah rasi bintang Kassiopeia. Sebuah nova terjadi akibat ledakan dari interaksi dua bintang dalam sistem bintang ganda, yang biasanya terdiri atas sebuah katai putih dan bintang pendampingnya yang mirip dengan Matahari kita. Nova terkadang dapat terjadi kembali. Foto yang dipotret dari daerah Detroit, Michigan, AS ini diproses selama 14 jam. Baik astronom profesional dan amatir kemungkinan akan terus memantau Nova Cas 2021 dan merumuskan hipotesis tentang detail penyebab terjadinya nova tersebut.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar