Kamis, 03 Juni 2021

Jutaan Bintang di Omega Centauri

Kredit Foto & Hak Cipta: Ignacio Diaz Bobillo

Penjelasan: Setiap titik pada gambar ini adalah bintang. Bintang-bintang tersebut tergabung dalam gugus bintang bola Omega Centauri, yang juga dikenal sebagai NGC 5139, berjarak sekitar 15.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Gugus bintang ini dihuni oleh sekitar 10 juta bintang yang berusia jauh lebih tua dari Matahari dalam volume ruang yang hanya berdiameter sekitar 150 tahun cahaya. Kenapa disebut "gugus bintang bola"? Jawabannya karena wujud gugus bintang ini membulat bagaikan bola, dengan konsentrasi kepadatan bintang paling padat ada di dekat pusatnya. Omega Centauri adalah gugus bintang bola yang terbesar dan paling terang dari 200 lebih gugus bintang bola yang diketahui di galaksi Bimasakti. Biasanya, sebagian besar bintang dalam sebuah gugus bintang bola memiliki usia dan komposisi yang sama karena terbentuk pada waktu yang sama dalam satu awan molekuler, tetapi hal itu berbeda pada Omega Centauri. Ia memiliki populasi bintang yang lebih beragam, dengan banyak bintang-bintang muda berwarna kebiruan.

Alih Bahasa: Riza