Rabu, 02 Juni 2021

Ramainya Area Pusat Galaksi Bimasakti

Kredit Foto: Sinar-X: NASA/CXC/UMass/Q.D. Wang; Radio: NRF/SARAO/MeerKAT

Penjelasan: Ada apa di pusat galaksi kita? Atau pertanyaan yang seharusnya diajukan adalah, apa yang terjadi di pusat galaksi kita? Untuk membantu mengetahuinya, para astronom mengambil panorama yang cukup detail di atas ini, yang mana menampilkan kondisi area pusat galaksi Bimasakti dalam pandangan gelombang radio dan sinar-X. Pencitraan sinar-X dilakukan oleh Observatorium Chandra, dalam gambar ini muncul dengan warna oranye (panas), hijau (lebih panas), dan ungu (terpanas), yang digabungkan dengan gambar yang diambil melalui gelombang radio dalam warna abu-abu dari serangkaian teleskop radio MeerKAT. Hasilnya, dapat dilihat ada begitu banyak sisa supernova, angin panas dan energik dari bintang-bintang yang baru terbentuk, medan magnet yang sangat kuat, dan lubang hitam supermasif yang semuanya berada dalam ruang yang hanya selebar 1.000 tahun cahaya pada pusat galaksi kita. Pengamatan dan studi lanjutan dari gambar ini nantinya tidak hanya akan menjelaskan lebih banyak tentang sejarah dan evolusi galaksi kita sendiri, tetapi juga semua galaksi di alam semesta.

Alih Bahasa: Riza