Rabu, 19 Mei 2021

Nebula Ubur-ubur dan Planet Mars

Kredit Foto & Hak Cipta: Jason Guenzel

Penjelasan: Di langit malam Bumi, Nebula Ubur-ubur biasanya muncul sangat redup sehingga sulit diamati kasatmata. Namun, dalam foto yang dipotret dengan bantuan teleskop dan teknik eksposur panjang ini, kita tidak hanya bisa melihat Nebula Ubur-ubur yang berpendar kemerahan di sisi kiri foto, melainkan juga dua bintang kekuningan cerah, Mu dan Eta Geminorum, yang terletak tepat di bawah dan di atas sang ubur-ubur kosmis. Kedua bintang tersebut adalah jenis raksasa merah bersuhu dingin, anggota dari rasi bintang Gemini. Nebula Ubur-ubur hanya julukan saja karena bentuknya mirip binatang laut tersebut. Secara resmi, nebula ini dikatalogkan sebagai IC 443, terbentuk dari ledakan supernova bintang masif yang meledak sekitar 30.000 tahun yang lalu. Pada pusat Nebula Ubur-ubur, para astronom meyakini ada seonggok bintang neutron, sisa inti bintang masif yang runtuh. Foto yang dipotret pada tanggal 30 April 2021 ini rupanya juga menampilkan planet tetangga Bumi kita, lho. Yup, planet Mars. Planet keempat dari Matahari itu tampak bersinar dengan cahaya kekuningan di sisi kanan foto. Meski tampak bersebelahan, faktanya Nebula Ubur-ubur berjarak sekitar 5.000 tahun cahaya, sedangkan Mars saat ini sekitar 18 menit cahaya dari Bumi.

Kredit Konten: The Jellyfish and Mars