Selasa, 13 April 2021

Goyangan Muon Terkonfirmasi yang Tetap Tidak Dapat Dijelaskan

Kredit Foto: Fermi National Accelerator Laboratory; Fotografer: Reidar Hahn

Penjelasan: Seberapa cepat partikel elementer bergoyang? Jawaban untuk pertanyaan yang tampaknya tidak penting ini muncul dari Brookhaven National Laboratory di New York, AS pada tahun 2001, dan menunjukkan bahwa Model Standar Fisika Partikel, yang diadopsi secara luas dalam ilmu fisika, masih belum lengkap. Secara khusus, muon, sebuah partikel yang mirip dengan elektron berat, memiliki goyangan yang relatif besar dalam serangkaian percobaan yang dikenal sebagai g-2 (gee-minus-dua). Hasil Brookhaven mendorong kelompok ilmuwan eksperimental lain di seluruh dunia untuk mengonfirmasinya, membuat para ilmuwan teoretis untuk lebih memahaminya. Dalam laporan minggu lalu, eksperimen goyangan muon yang paling sensitif, dilakukan di Fermi National Accelerator Laboratory (Fermilab) di Illinois (yang kamu lihat pada foto ini), mendapati hasil yang serupa dengan hasil penelitian Brookhaven. Tingkat goyangan yang tidak terduga dapat menunjukkan bahwa lautan partikel virtual yang selalu ada mencakup jenis yang saat ini tidak diketahui. Sebagai alternatif, ini mungkin mengindikasikan bahwa ada kekurangan dalam perhitungan prediksi teoretis yang sulit. Di masa depan, percobaan g-2 Fermilab akan semakin meningkatkan presisi dan, mungkin, perbedaan statistik antara alam semesta yang kita ukur dan alam semesta yang kita pahami.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar