Kamis, 25 Februari 2021

Parker Solar Probe Melintasi Planet Venus

Kredit Foto: NASA, JHUAPL, Naval Research Lab, Guillermo Stenborg and Brendan Gallagher

Penjelasan: Dalam sebuah misi untuk menjelajah bagian dalam dari heliosfer dan korona Matahari, pada 11 Juli 2020, Parker Solar Probe milik NASA berhasil mengabadikan momen yang luar biasa, yaitu ketika sisi gelap malam hari Venus berhasil diabadikan dari jarak hanya 12.400 kilometer atau setara dengan 7.693 mil. Pesawat ruang angkasa tersebut sudah menjalani 3 dari 7 kali terbang lintas dekat Venus yang tujuannya untuk mementalkan diri menuju Matahari. Terbang lintas dekat Venus ini dirancang untuk membantu wahana itu mengubah orbitnya hingga akhirnya berada dalam jarak 6 juta kilometer (4 juta mil) dari permukaan Matahari pada akhir tahun 2025 mendatang. Foto di atas, yang dipotret menggunakan salah satu sisi lensa kamera Parker Solar Probe, menampilkan sisi gelap dari planet Venus yang diperkirakan adalah sebuah dataran tinggi bernama Aphrodite Terra. Sisi terang disekitarnya kemungkinan berasal dari emisi atom oksigen yang berubah menjadi molekul saat mencapai atmosfer bagian atas Venus. Sementara itu, goresan putih dan area terang lainnya pada gambar berasal dari partikel berenergi dan debu di dekat kamera yang memantulkan cahaya Matahari. Jika kamu adalah pengamat langit sejati, tentu kamu dapat menemukan bintang-bintang dari sabuk Orion berada kanan bawah gambar.

Kredit Konten: A Venus Flyby