Rabu, 10 Februari 2021

Menembakkan Laser ke Langit

Kredit Foto & Hak Cipta: Juan Carlos Muñoz / ESO; Teks: Juan Carlos Muñoz

Penjelasan: Mengapa bintang tampak berkelap-kelip di malam hari? Atmosfer-lah yang menjadi penyebabnya. Ya, lapisan udara yang menyelubungi Bumi ini bisa mengalami turbulensi yang mengakibatkan cahaya dari objek astronomi yang jauh mengalami distorsi. Turbulensi atmosfer merupakan masalah bagi para astronom karena dapat menganggu pengamatan terhadap objek-objek yang ingin mereka pelajari. Teleskop yang ditampilkan dalam gambar ini, yang terletak di Observatorium Paranal milik ESO, dilengkapi dengan empat laser untuk memerangi turbulensi ini. Laser-laser ini diatur untuk dapat menarik atom-atom natrium yang berada di atmosfer pada ketinggian 90 km. Dengan menembakkan laser yang kuat ke arah langit, nantinya para astronom dapat menciptakan semacam bintang buatan yang bertahan beberapa menit di langit, yang memungkinkan mereka untuk mengukur gejolak atmosfer. Hal seperti ini dilakukan untuk mempertajam pandangan teleskop. Dengan menggunakan teknik ini, para astronom dapat menghasilkan gambar objek-objek langit sekelas Teleskop Luar Angkasa Hubble. bahkan teknik ini juga digunakan untuk mendapatkan gambar retina yang sangat tajam.

Alih Bahasa: Naufal Farras