Selasa, 09 Februari 2021

Kilatan di Pulsar Kepiting

Kredit Video & Hak Cipta: Martin Fiedler

Penjelasan: Bintang neutron atau yang dikenal sebagai pulsar merupakan sisa yang tertinggal dari kematian sebuah bintang masif. Salah satu pulsar paling eksotis di alam semesta adalah Pulsar Kepiting, yang berputar sebanyak 30 kali per detik dan terkenal dengan kilatan cepatnya. Pulsar ini pula yang membentuk nebula yang kita kenal sebagai Nebula Kepiting. Jika kamu mengamati video time-lapse di atas dengan jeli, kamu dapat melihat kilatan cepat yang dihasilkan oleh Pulsar Kepiting. Video ini dibuat dengan menggabungkan foto yang diambil pada saat pulsar memancarkan kilatan cahaya, serta foto tambahan yang diambil di waktu lainnya. Kilatan Pulsar Kepiting pertama kali tercatat oleh seorang wanita tak dikenal yang menghadiri malam pengamatan publik di Universitas Chicago pada tahun 1957, tetapi tidak ada yang mempercayainya. Ledakan supernova yang menciptakan Pulsar Kepiting diperkirakan terjadi pada tahun 1054 M. Pulsar tersebut diperkirakan selamat dari ledakan supernova karena terdiri dari materi degenerasi kuantum yang sangat padat.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar