Rabu, 20 Januari 2021

Medan Magnet Galaksi Spiral M51

Penjelasan: Apakah medan magnet selalu mengalir di sepanjang lengan spiral galaksi? Gambar di atas menunjukkan kepada kita bagaimana struktur lengkungan medan magnet pada lengan spiral galaksi M51 atau yang dikenal sebagai Galaksi Pusaran. Apabila diamati dengan teleskop radio, struktur lengkungan medan magnet akan terlihat mengikuti lengan spiral galaksi. Namun, dengan menggunakan sebuah instrumen yang dikenal sebagai HAWC+ dari observatorium terbang milik NASA, SOFIA, medan magnet di pinggir luar M51 terlihat bersinggungan dengan lengan spiral galaksi. Instrumen tersebut melacak gejala magnetis dengan mengamati cahaya inframerah terpolarisasi yang dipancarkan oleh partikel debu pada galaksi M51. Para peneliti menemukan bahwa medan magnet di pinggiran galaksi M51 tidak lagi mengikuti struktur spiral dan malah terdistorsi. Tarikan gravitasi dari galaksi tetangga di atasnya kemungkinan menjadi penyebab terjadinya distorsi tersebut dan menghasilkan struktur medan magnet di luar lengan spiral galaksi.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha