Selasa, 05 Januari 2021

Galaksi Kerdil Awan Magellan Kecil

Kredit Foto & Hak Cipta: José Mtanous

Penjelasan: Apa itu Awan Magellan Kecil? Awan Magellan Kecil merupakan jenis dari galaksi kerdil yang mengorbit galaksi Bimasakti kita. Galaksi ini telah diketahui keberadaanya sejak seorang pelaut asal Portugis bernama Ferdinand Magellan bersama krunya melakukan penjelajahan ke belahan Bumi selatan pada awal tahun 1.500-an. Selama melakukan penjelajan Ferdinand Magellan menyempatkan diri untuk mempelajari langit bagian selatan. Hal itu pun membawa ia untuk menemukan dua galaksi yang kini dikenal sebagai duo Awan Magellan. Berjarak sekitar 210.000 tahun cahaya di arah rasi bintang Tucana, pada gambar di atas adalah kenampakan Awan Magellan Kecil dengan gugus bintang 47 Tucanae di sebalah kanan gambar. Awan Magellan Kecil berpasangan dengan Awan Magellan Besar, yang mana terletak 20 derajat di sebelah timurnya. Dengan diameter sekitar 15.000 tahun cahaya, Awan Magellan Kecil kaya akan gas dan menyimpan ratusan juta bintang. Dalam 100 tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa awan kosmik ini adalah galaksi kerdil tak beraturan yang menjadi galaksi satelit Bimasakti kita.

Alih Bahasa: Naufal Farras