Minggu, 06 Desember 2020

M16: Pilar Penciptaan Bintang

Kredit Foto: NASA, ESA, Hubble Space Telescope, J. Hester, P. Scowen (ASU)

Penjelasan: Ini adalah salah satu gambar paling terkenal pada tahun 1990-an. Gambar ini diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble di tahun 1995, menampilkan bagian dalam Nebula Elang yang berbentuk seperti pilar raksasa yang dikenal sebagai "Pillar of Creation". Dalam gambar yang menakjubkan ini, pilar raksasa tersebut terlihat menguap mengeluarkan gas hidrogen dan debu ke angkasa. Pilar raksasa ini memiliki panjang hingga bertahun-tahun cahaya dan memiliki kandungan gas hidrogen yang sangat padat sehingga membuat interior gas menyusut secara gravitasi membentuk bintang-bintang. Di setiap ujung pilar, radiasi yang sangat kuat dari bintang-bintang muda menyebabkan materi yang memiliki kepadatan rendah memanas meninggalkan wilayah pembentukan bintang. Dikatalogkan sebagai M16, Nebula Elang yang juga merupakan sebuah gugus bintang terbuka ini berjarak sekitar 7.000 tahun cahaya dari Bumi. Detail terbaru dari Pilar Penciptaan baru-baru ini berhasil dicitrakan dalam cahaya inframerah oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble, Teleskop Luar Angkasa Spitzer, dan Observatorium Luar Angkasa Herschel.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar