Kamis, 12 November 2020

Komet ATLAS dan Sabuk Orion

Kredit Foto & Hak Cipta: Charles Bracken

Penjelasan: Masih ingat dengan Komet ATLAS yang sempat diperkirakan akan muncul terang pada bulan Mei lalu? Walaupun komet tersebut telah hancur akibat radiasi dan angin Matahari yang menerpanya, ada sebuah komet berwarna hijau yang ditemukan pada musim panas tahun ini. Komet ini dikatalogkan sebagai C/2020 M3, yang merupakan Komet ATLAS lain yang ditemukan oleh observatorium Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) milik Lembaga Antariksa AS (NASA). Sang komet diperkirakan akan mencapai jarak paling dekat dengan Bumi (sekitar 2,9 menit cahaya) pada 14 November 2020. Meskipun komet ini tidak secerah Komet NEOWISE, Komet ATLAS C/2020 M3 masih dapat dilihat dengan menggunakan teropong. Dipotret menggunakan lensa telefoto pada 8 November lalu, gambar yang terdiri dari gabungan dua eksposur ini menampilkan bagian koma hijau Komet ATLAS berada di kiri atas dan tiga bintang Sabuk Orion yang berjejer di tengah yang mana salah satu bintangnya berjarak hampir 2.000 tahun cahaya dari Bumi. Selain itu, tampak juga Nebula Orion dan Nebula Kepala Kuda dalam gambar ini.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha