Sabtu, 07 November 2020

Gugus Galaksi Herkules

Kredit Foto & Hak Cipta: Howard Trottier

Penjelasan: Hampir setiap objek dalam gambar di atas adalah galaksi. Inilah Gugus Galaksi Herkules, kumpulan "pulau semesta" yang berjarak 500 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Juga dikenal sebagai Abell 2151, gugus ini didominasi oleh gas dan debu serta galaksi spiral yang menjadi rumah bagi pembentukan bintang-bintang baru dan sedikit galaksi elips yang minim gas dan debu. Gambar komposit penuh warna ini dengan jelas menunjukkan galaksi pembentuk bintang dengan warna biru dan galaksi dengan populasi bintang yang lebih tua berwarna kekuningan. Gambar yang sangat tajam ini membentang sekitar 1/2 derajat atau diperkirakan lebih dari 4 juta tahun cahaya pada jarak yang sebenarnya. Dalam pemandangan kosmik ini banyak galaksi yang tampak bertabrakan dan menyatu sementara yang lain tampak terdistorsi, hal ini membuktikan bahwa interaksi antar galaksi cukup sering terjadi di gugus galaksi ini. Diketahui bahwa Gugus Galaksi Herkules terbentuk dari hasil penggabungan gugus galaksi yang lebih kecil yang masih berlangsung hingga saat ini.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha