Selasa, 27 Oktober 2020

Ilustrasi Erupsi Vulkanik di Planet Venus

Kredit Ilustrasi: NASA, JPL-Caltech, Peter Rubin

Penjelasan: Bumi kita memiliki banyak gunung vulkanik yang masih aktif mengeluarkan lava atau debu awan tebal pada periode tertentu. Lalu pernahkah kamu membayangkan erupsi gunung vulkanik di planet Venus? Bukti adanya aktivitas vulkanik di Venus sendiri sudah dipublikasikan di awal tahun ini dengan terdeteksinya beberapa wilayah yang menghangat di Venus yang diyakini terdapat gunung vulkanik purba. Walaupun permukaan Venus dalam skala besar sudah berhasil dipetakan menggunakan pencitraan radar, namun lapisan awan asam sulfat yang menyelubungi Venus membuat pencitraan menggunakan cahaya tampak dan observasi permukaannya menjadi mustahil. Dalam ilustrasi ini, seorang seniman berhasil menggambarkan kondisi gunung vulkanik di planet Venus yang sedang erupsi. Gunung vulkanik dapat berpengaruh besar bagi siklus kehidupan di Venus, sebagaimana mereka dapat mendorong senyawa kimiawi ke atmosfer Venus yang mana merupakan tempat bersarangnya mikroba-mikroba yang membutuhkan makanan. Namun perlu diingat bahwa teka-teki mengenai keberadaan mikroba yang hidup di atmosfer Venus masih menjadi perdebatan.

Alih Bahasa: Windy