Rabu, 07 Oktober 2020

Ou4: Cumi-Cumi Raksasa di dalam Kelelawar Kosmik

Kredit Foto & Hak Cipta: Yannick Akar

Penjelasan: Berpenampakan seperti-cumi-cumi raksasa, nebula ini sangatlah samar, akan tetapi juga sangat besar di langit planet Bumi. Dikatalogkan sebagai Ou4, Nebula Cumi-Cumi Raksasa ini berada di dalam Nabula Kelelawar Terbang yang dikatalogkan sebagai Sh2-129, keduanya terletak di arah rasi bintang Cepheus. Tersusun dari data gambar pita sempit yang diambil selama 55 jam, bidang pandang teleskopik ini mencakup area sekitar 6 atau 4 derajat ukuran Bulan Purnama. Ditemukan pada tahun 2011 oleh seorang astrofotografer asal Prancis bernama Nicolas Outters, bentuk seperti dua buah kutub berwarna hjau kebiruan pada Nebula Cumi-Cumi ini dihasilkan oleh atom-atom oksigen yang terionisasi. Meskipun tampak dikelilingi oleh wilayah emisi hidrogen kemerahan dari Sh2-129, jarak dan jenis sebenarnya dari Nebula Cumi-Cumi sendiri masih belum dapat dipastikan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa Ou4 benar-benar terletak di dalam wilayah emisi Sh2-129 yang berada sejauh 2.300 tahun cahaya dari Bumi. Diketahui pula bahwa di dekat pusat Ou4 terdapat sistem tiga bintang masif yang dikatalogkan sebagai HR8119. Ou4 berukuran hampir 50 tahun cahaya.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar