Minggu, 23 Agustus 2020

Nebula Heliks dalam Pandangan Blanco dan Hubble

Kredit Foto: C. R. O'Dell, (Vanderbilt) dkk. ESA, NOAO, NASA

Penjelasan: Nebula yang satu ini mungkin sangat sering kamu temukan fotonya, bahkan pernah muncul di serial Cosmos kalau kamu sempat menyaksikannya. Terbentuk dari bintang bermassa rendah mirip Matahari yang kehabisan energi, nebula planeter ini berbentuk mirip seperti heliks, sehingga dijuluki sebagai Nebula Heliks. Foto ini merupakan hasil pengamatan gabungan oleh Teleskop Antariksa Hubble di orbit Bumi dan Teleskop Blanco di Chili. Hasil pengamatan ini telah menunjukkan bahwa Nebula Heliks sebenarnya tidak berbentuk seperti heliks sederhana. Sebaliknya, nebula ini merupakan gabungan dari dua sturktur cakram besar. Meski begitu, bagaimana sebuah bintang dapat menciptakan kompleksitas geometris yang begitu indah seperti nebula ini masih merupakan sebuah misteri. Sejauh ini, yang diketahui para astronom adalah Nebula Heliks merupakan nebula planeter terdekat Bumi, terletak pada jarak hanya sekitar 700 tahun cahaya di arah rasi bintang Akuarius, membentang selebar sekitar 3 tahun cahaya.

Alih Bahasa: Riza