Kamis, 21 Mei 2020

Planet Venus dalam Berbagai Fase

Kredit Foto & Hak Cipta: Richard Addis

Penjelasan: Salah satu bukti dari planet-planet mengelilingi Matahari adalah, kita bisa melihat fase pada planet Venus. Gambar komposit yang dipotret melalui teleskop inilah contoh dari perubahan fase Venus selama ia menjadi bintang senja beberapa bulan terakhir ini. Dari bawah ke atas, fase Venus ini masing-masing dipotret pada tanggal 27 Februari, 20 Maret, 14 April, 24 April, 8 Mei, dan 14 Mei 2020. Venus bisa memiliki fase karena ia merupakan planet terdekat kedua dari Matahari, berada di dalam orbit Bumi. Dari permukaan planet kita, pandangan ke arah Venus selalu berubah-ubah fasenya tergantung posisi sang planet dari Matahari. Fase paling bawah pada gambar di atas adalah ketika Venus berada pada sudut elongasi terjauhnya dari Matahari. Sementara fase paling atas, yang berbentuk sabit, adalah ketika Matahari-Venus-Bumi hampir segaris lurus di bidang tata surya. Titik kesejajaran tersebut sendiri akan terjadi pada 3 Juni 2020 mendatang, ketika Venus akan mencapai konjungsi inferior dari Matahari. Setelah konjungsi inferior itu, Venus nantinya akan mulai teramati di langit timur saat dini hari.

Kredit Konten: Phases of Venus