Minggu, 03 Mei 2020

Sebuah Pesan untuk Semesta dari Bumi

Lisensi: Arne Nordmann (Wikimedia)

Penjelasan: Apa yang ingin disampaikan oleh penduduk Bumi ke semesta lewat pesan aneh ini? Pada tahun 1974 silam, sekelompok astronom mengirimkan pesan ini ke gugus bintang M13 melalui Observatorium Arecibo, sebuah teleskop radio tunggal terbesar di dunia. Namun, jika saja nantinya pesan ini diterima oleh kehidupan asing di M13, jarak mereka begitu jauh sehingga kita tampaknya harus menunggu hampir 50.000 tahun untuk menerima balasan pesan dari "mereka" (tentu bukan waktu yang lama dibanding menunggu balasan pesan dari si dia). Oh iya, pesan yang ditampilkan di sini berisi beberapa fakta sederhana tentang manusia dan pengetahuannya: dari atas ke bawah, isi pesan ini adalah angka dari satu hingga sepuluh, informasi mengenai atom hidrogen dan karbon, DNA, wujud manusia, informasi dasar tata surya kita, dan informaso dasar tentang teleskop yang digunakan untuk menyiarkan pesan ini. Kehidupan asing saat ini memang belum ditemukan, tetapi bukan tidak mungkin bahwa mereka memang ada menimbang luasnya alam semesta kita.

Kredit Konten: A Message from Earth