Kamis, 30 April 2020

Megahnya Pulau Semesta Andromeda

Kredit Foto & Hak Cipta: Yuzhe Xiao

Penjelasan: Objek paling jauh yang cukup mudah diamati dengan mata telanjang di kondisi langit yang gelap dan cerah adalah M31. Dikenal juga sebagai Galaksi Andromeda, ia berjarak sekitar dua setengah juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, menjadikannya sebagai galaksi spiral terdekat dari Bimasakti kita. Membentang dengan diameter lebih dari 200.000 tahun cahaya, Andromeda muncul sebagai pita kecil redup di arah rasi bintang Andromeda jika diamati dari Bumi. Namun, saat diamati lewat teleskop, seperti gambar di atas ini, kita bisa melihat detail Galaksi Andromeda yang menakjubkan. Bagian kuning cerah di pusat Andromeda disebabkan oleh keberadaan bintang kuning berusia tua, sementara lengannya yang kebiruan dihuni oleh bintang-bintang muda yang panas. Sekitar 100 tahun yang lalu, Andromeda masih dianggap sebagai sebuah nebula. Para astronom memperdebatkan apakah Nebula Andromeda adalah bagian dari Bimasakti atau berada di luar galaksi kita. Perdebatan itu pun berakhir ketika astronom Edwin Hubble membuktikan adanya bintang-bintang di Andromeda, yang sejak saat itu diangggap sebagai galaksi lain selain Bimasakti.

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram