Selasa, 14 April 2020

Melihat Lebih Dekat ke Galaksi NGC 253

Kredit Foto: NOAJ: Subaru, NASA & ESA: Hubble, ESO: VLT & Danish 1.5-m;
Pemroses & Hak Cipta: Robert Gendler & Roberto Colombari

Penjelasan: Inilah NGC 253, salah satu galaksi spiral paling terang dan berkilauan yang dapat diamati lewat teleskop dari Bumi. Ia juga merupakan salah satu galaksi yang paling berdebu. Dijuluki sebagai Galaksi Koin Perak karena bentuknya yang unik, galaksi ini juga populer dikenal sebagai sebagai Galaksi Sculptor karena terletak di rasi bintang Sculptor. Ditemukan pada tahun 1783 oleh matematikawan dan astronom Caroline Herschel, pulau bintang ini terletak 10 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Membentang sekitar 70 ribu tahun cahaya, NGC 253 adalah anggota terbesar dari Gugus Galaksi Sculptor, sebuah gugus galaksi terdekat dengan gugus galaksi kita, Grup Lokal. Selain memiliki jalur debu spiral, galaksi ini juga memiliki cakram galaksi yang dihiasi gugus bintang muda kebiruan dan daerah pembentuk bintang berwarna merah muda. Kandungan debu yang tinggi disertai tingkat formasi bintang yang tinggi menjadikan NGC 253 masuk dalam jenis galaksi "starburst", yakni galaksi yang mengalami laju pembentukan bintang yang sangat tinggi. Diketahui juga bahwa sumber emisi sinar-X dan sinar gamma berenergi tinggi berasal dari sebuah lubang hitam supermasif yang berada di dekat pusat galaksi ini.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha