Sabtu, 21 Maret 2020

Komet dan Galaksi-galaksi yang Menakjubkan

Kredit Foto & Hak Cipta: Rolando Ligustri (CARA Project, CAST)

Penjelasan: Ada berapa komet dan galaksi yang bisa kamu temukan pada gambar di atas? Komet hanya ada satu, tapi galaksi ada cukup banyak. Di sisi kiri atas gambar, sebuah komet terang berwarna kehijauan tampak begitu mencolok. Komet ini dikatalogkan sebagai C/2019 Y4, atau disebut juga Komet ATLAS karena ditemukan oleh lembaga pengamatan asteroid, Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) pada tahun 2019. Sejak penemuannya, komet ini semakin cerah dari malam ke malam dalam pandangan teleskop. Dipotret dari langit New Mexico pada 18 Maret 2020, gambar ini tidak hanya memuat Komet ATLAS, tapi juga ada banyak galaksi, dengan dua yang terbesar ada di kanan bawah gambar, galaksi M81 dan M82, masing-masing berjarak sekitar 12 juta tahun cahaya dari Bumi di arah rasi bintang Ursa Mayor. Oh iya, Komet ATLAS sendiri berjarak sekitar 9 menit cahaya dari Bumi, atau masih di luar orbit Mars. Jalur orbitnya diketahui begitu memanjang, sehingga membuat komet ini akan kembali lagi ke tata surya bagian dalam sekitar 6.000 tahun mendatang. Komet ATLAS akan mencapai perihelion pada tanggal 31 Mei 2020, ia akan mencapai jarak sedekat Merkurius dari Matahari, dan kemungkinan dapat diamati dengan mata telanjang.

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram