Senin, 09 Maret 2020

Bimasakti dan Cahaya Zodiak di Langit Chile

Kredit Foto & Hak Cipta: Roman Ponča (Masaryk U.)

Penjelasan: Pita cahaya apakah itu yang terlihat seolah menghubungkan Bumi dengan Bimasakti? Cahaya itu dinamakan Cahaya Zodiak, terbentuk dari debu angkasa di tata surya bagian dalam yang tersinari oleh Matahari. Cahaya Zodiak paling mudah dilihat sebelum Matahari terbit, yang sering dijuluki sebagai fajar palsu, atau kadang tampak juga tepat setelah Matahari terbenam. Asal usul debu yang membentuk Cahaya Zodiak masih menjadi bahan penelitian, tetapi dihipotesiskan berasal dari hasil dari tabrakan antara asteroid dan ekor komet. Foto sudut lebar yang ditampilkan di atas ini menunjukkan bentangan pusat Galaksi Bimasakti yang melengkung di langit, sedangkan Awan Magellan Besar (LMC), yang merupakan galaksi satelit Bimasakti, terlihat di sisi paling kiri. Foto ini merupakan kombinasi lebih dari 30 eksposur yang diambil bulan Juli lalu di dekat La Serena di antara pegunungan Chile. Selama dua bulan ke depan, Cahaya Zodiak dapat terlihat cukup menonjol di langit utara setelah Matahari terbenam.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar