Rabu, 26 Februari 2020

NGST-10b: Penemuan Planet yang Malang

Kredit Ilustrasi: ESA, C. Carreau; Naskah: Alex R. Howe (NASA/USRA, Science Meets Fiction Blog)

Penjelasan: Planet yang mirip Jupiter panas ini sudah mendekati kematiannya. Jupiter panas adalah planet raksasa seperti Jupiter yang mengorbit dengan jarak lebih dekat terhadap bintang induknya daripada Merkurius terhadap Matahari. Tetapi ada beberapa planet mirip Jupiter yang lebih ekstrem daripada yang lain. NGTS-10b, yang diilustrasikan dalam gambar ini, adalah planet raksasa yang diketahui paling dekat dan paling cepat mengelilingi bintang induknya, yaitu hanya dalam waktu 18 jam. NGTS-10b sedikit lebih besar dari Jupiter, tetapi mengorbit dengan jarak kurang dari dua kali diameter bintang induknya. Apabila sebuah planet mengorbit dengan jarak sedekat ini, planet itu diperkirakan akan berputar ke dalam, ditarik ke bawah oleh gaya pasang surut yang pada akhirnya akan hancur oleh gravitasi bintang induknya. NGTS-10b, ditemukan oleh para peneliti di University of Warwick, setelah Instrumen Next Generation Transit Survey milik ESO mendeteksi planet ini ketika melintas di depan bintang induknya dan menghalangi sebagian cahaya. Meskipun kematian tragis NGTS-10b ini akhirnya akan terjadi, tetapi belum diketahui kapan.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar