Minggu, 16 Februari 2020

NGC 2392: Nebula Planeter Bercangkang Ganda

Kredit Foto: NASA, ESA, Hubble, Chandra; Pemroses & Lisensi: Judy Schmidt

Penjelasan: Bagi beberapa orang, nebula ini tampak seperti seseorang yang memakai jaket parka. Ditemukan pada tahun 1787 oleh astronom William Herschel, nebula planeter yang unik ini dikatalogkan sebagai NGC 2392. Gambar di atas sendiri merupakan gambar terkini sang nebula yang diabadikan oleh Teleskop Antariksa Hubble dalam spektrum cahaya tampak, yang digabungkan dengan citra dalam spektrum sinar-X oleh Teleskop Sinar-X Chandra, sehingga menampilkan sinar-X yang diemisikan oleh gas panas berwana merah muda di tengah nebula. Selain itu, citra ini juga menampilkan adanya awan gas kompleks yang sampai saat ini belum dipahami sepenuhnya pada NGC 2392, yakni fitur cangkang ganda. Cangkang terluarnya mengandung filamen berwarna jingga yang berukuran hingga satu tahun cahaya panjangnya. Sementara itu, filamen yang berada di bagian dalam terlihat tertiup oleh angin partikel yang kuat dari bintang yang berada di tengah nebula. Nebula NGC 2392 sendiri memiliki ukuran 1,3 tahun cahaya dan berada pada jarak 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Kamu dapat melihat nebula ini di rasi bintang Gemini menggunakan teleskop.

Alih Bahasa: Naufal Farras