Sabtu, 08 Februari 2020

Pernah Melihat Awan-awan Nebula?

Kredit Foto & Hak Cipta: Bray Falls

Penjelasan: Banyak yang beranggapan bahwa foto-foto luar angkasa hanyalah hasil rekaan komputer. Anggapan tersebut, lucunya, datang dari orang-orang yang belum pernah sama sekali mencoba mengamati luar angkasa lewat teleskop. Pernahkah kamu melihat awan-awan nebula? Dengan mata telanjang, apa lagi ditambah polusi cahaya, nebula sangat sulit diamati. Tapi lewat teleskop, kamu bisa melihat seperti pada foto ini. Terletak pada jarak sekitar 2.700 tahun cahaya di arah rasi bintang Monoceros, inilah salah satu nebula pembentuk bintang aktif di Bimasakti yang dikatalogkan sebagai NGC 2264. Nebula ini termasuk dalam jenis nebula emisi, yakni awan gas dan debu kosmis yang telah dipanasi cahaya yang dipancarkan bintang-bintang di dekatnya. Saat awan gas dan debu nebula ini mendingin, ia pun mulai memancarkan cahaya kemerahan. Kalau diperhatikan, dalam foto ini tidak hanya ada nebula, melainkan juga Trumpler 5, gugus bintang yang berisi bintang kekuningan yang bisa dilihat di tengah atas foto. Yuk coba amati nebula!

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram