Jumat, 07 Februari 2020

Lebih Dekat dengan Galaksi NGC 7331

Kredit Foto & Hak Cipta: ESA/Hubble & NASA/D. Milisavljevic (Purdue University)

Penjelasan: Inilah galaksi spiral yang besar dan indah, NGC 7331, yang sering disebut-sebut sebagai kembaran galaksi Bimasakti kita. Terletak pada jarak sekitar 50 juta tahun cahaya di arah rasi bintang Pegasus, NGC 7331 pada awalnya dianggap sebagai nebula spiral karena teknologi pengamatan zaman dulu yang belum sebaik sekarang. Baru sejak tahun 1920-an, NGC 7331 diketahui sebagai galaksi spiral. Dipotret oleh Teleskop Antariksa Hubble, pada gambar ini kita bisa melihat lengan-lengan spiral galaksi yang menakjubkan, yang menampilkan jalur debu gelap, gugusan bintang-bintang muda berwarna kebiruan, dan cahaya kemerahan yang merupakan nebula pembentuk bintang aktif di sana. Eits, Hubble tidak mengujungi galaksi ini, melainkan melakukan pengamatan dari orbit rendah Bumi. Di pusat galaksi ini, kamu bisa melihat adanya area berwarna kuning terang, yang mana terdiri dari populasi bintang-bintang yang lebih tua dan lebih rendah suhunya. Seperti halnya Bimasakti, terdapat pula lubang hitam supermasif di inti galaksi spiral NGC 7331 ini.

Kredit Konten: NGC 7331 Close Up