Minggu, 02 Februari 2020

Ayo, Lari, Lari Bintang Zeta Ophiuchi

Penjelasan: Layaknya kapal yang mengarungi lautan kosmis, bintang Zeta Ophiuchi tampak membentuk gelombang antarbintang yang melengkung seperti busur, atau yang dikenal sebaga bow shock, dalam potret inframerah yang menakjubkan ini. Dalam gambar di atas, Zeta Ophiuchi yang berwarna kebiruan di tengah, diketahui bermassa sekitar 20 kali besar dan 6 kali lebih panas daripada Matahari. Ia adalah salah satu bintang yang unik di Bimasakti karena bergerak begitu cepat, sekitar 24 kilometer per detik, sehingga dijuluki sebagai "bintang pelari". Sambil bergerak cepat, bintang masif ini juga memancarkan semacam angin bintang yang kuat, yang mampu mendorong apa pun yang ada di depannya. Akibatnya, terbentuklah bow shock di depannya itu. Mengapa ia bisa bergerak begitu cepat? Kemungkinan, hal ini disebabkan karena Zeta Ophiuchi dulunya pernah menjadi anggota dari sistem bintang ganda, yang mana bintang pendampingnya diperkirakan berukuran lebih besar dan oleh karenanya bintang tersebut memiliki usia yang lebih pendek. Ketika pendampingnya meledak dalam supernova dan seketika kehilangan massanya, Zeta Ophiuchi terlempar keluar dari sistem itu, bergerak bebas mengarungi antariksa. Berjarak sekitar 460 tahun cahaya jauhnya dari Bumi, luminositas Zeta Ophiuchi 65.000 kali lebih cemerlang dari Matahari dan bisa saja menjadi salah satu bintang yang paling terang di langit malam jika saja tidak dikelilingi oleh debu. Gambar di atas membentang sekitar 1,5 derajat atau 12 tahun cahaya. Ini merupakan salah satu warisan jepretan terbaik Spitzer setelah lebih dari 16 tahun mengamati alam semesta kita.

Kredit Konten: Zeta Oph: Runaway Star