Rabu, 01 Januari 2020

Bintang Betelgeuse yang Meredup

Kredit Ilustrasi: ESO, L. Calcada

Penjelasan: Kamu pasti sudah dengar beritanya, bahwa bintang Betelgeuse meredup. Namun, mengapa Betelgeuse meredup? Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti. Betelgeuse, salah satu bintang paling terang dan paling dikenal di langit malam, saat ini setengah kali lebih redup daripada kenampakannya lima bulan lalu. Memang, Betelgeuse merupakan bintang variabel, yang mana cahayanya bisa meredup dan bertambah terang dalam periode tertentu karena permukaannya berdenyut. Tetapi, peredupan kali ini dianggap menarik, banyak yang mengaitkannya dengan seberapa lama lagi Betelgeuse meledak dalam supernova. Pada ilustrasi di atas, para astronom menggambarkan bagaimana kondisi Betelgeuse jika dapat dilihat dari dekat. Betelgeuse dianggap memiliki permukaan yang kompleks dan sering melontarkan suar partikel bermuatan. Jika ia menggantikan Matahari sebagai pusat tata surya, permukaannya akan mengembang hingga ke dekat orbit Jupiter, sementara gumpalan gasnya akan keluar hingga melewati Neptunus. Untungnya, karena Betelgeuse berjarak sekitar 700 tahun cahaya, supernova bintang ini tidak akan membahayakan kehidupan di Bumi meskipun kecerahannya mungkin bisa menyaingi Bulan purnama.

Kredit Konten: Betelgeuse Imagined