Sabtu, 26 Oktober 2019

Ketika Gravitasi Tersenyum Saat Diamati

Kredit Foto: Sinar-X - NASA / CXC / J. Irwin dkk.; Optik - NASA/STScI

Penjelasan: Bagaimana rasanya saat gebetan tersenyum kepada kita? Senang? Bikin salah tingkah? Semua orang bisa saja merasakan hal yang berbeda-beda. Tapi, pernahkah kamu dikasih senyuman oleh... gravitasi? Teori relativitas umum Albert Einstein, yang diterbitkan lebih dari 100 tahun yang lalu, meramalkan fenomena alam semesta yang dikenal sebagai pelensaan gravitasi. Dan pada gambar ini, fenomena itulah yang sedang kamu amati. Dipotret melalui cahaya tampak dan sinar-X dari teleskop antariksa Chandra dan Hubble, kelompok galaksi ini dikenal sebagai Kucing Cheshire (iya, namanya diambil dari nama kucing dalam Alice's Adventures in Wonderland). Kelompok galaksi ini sebenarnya merupakan dua galaksi elips besar, namun mereka dikelilingi oleh galaksi-galaksi lain yang bentuknya terbengkokkan seperti busur. Apa yang terjadi? Ya, gravitasi dari kedua galaksi elips yang membentuk mata kucing ini membuat galaksi-galaksi latar belakangnya menjadi diperbesar, bagaikan kaca pembesar kosmis. Senyuman gravitasi ini bisa kita temui di arah rasi bintang Ursa Mayor, sekitar 4,6 miliar tahun cahaya jauhnya.

Kredit Konten: Gravity's Grin