Selasa, 22 Oktober 2019

Refleksi Langit Malam dari Cermin Terbesar di Dunia

Kredit Foto & Hak Cipta: Jheison Huerta

Penjelasan: Kamu tentu pernah melihat pantulan bayangan pada cermin, baik pantulan benda atau diri kamu sendiri dengan sama persis. Tapi, pernahkah kamu melihat pantulan bayangan langit dari sebuah cermin raksasa yang terbuat dari hamparan garam? Bintang-bintang, galaksi-galaksi, dan planet-planet, terpantul semua dalam cermin terbesar di dunia itu. Kalau kamu memperhatikan gambar di atas dengan seksama, kamu akan menyadari bahwa banyak dari bintang-bintang di langitnya yang terlihat seolah-olah terkurung dalam lengkungan raksasa, lengkungan yang merupakan pusat utama dari galaksi rumah kita, Bimasakti. Tak hanya bintang, dalam lengkungan ini juga terdapat galaksi lain, yaitu Awan Magellan Besar. Terpisah dari lengkungan, ada juga bintang-bintang yang terlihat secara individual, yang mana antara lain adalah Antares pada bagian kiri dan Sirius pada bagian kanan. Planet Jupiter pun bercahaya dengan terang tepat di bawah Antares. Gambar yang menakjubkan ini merupakan komposit dari 15 gambar yang diambil secara berurutan selama lebih dari 10 menit di Salar de Uyuni, Bolivia pada awal April kemarin.

Alih Bahasa: Windy