Jumat, 18 Oktober 2019

Pengunjung Antarbintang Komet 2I/Borisov

Kredit Foto: NASA, ESA, dan D. Jewitt (UCLA) dkk.

Penjelasan: Setelah tahun 2017 silam ada 1I/'Oumuamua, pengunjung antarbintang pertama yang mampir ke tata surya kita, tahun ini ditemukan komet 2I/Borisov, pengunjung antarbintang kedua. Borisov diduga kuat berasal dari luar tata surya sebab jalur lintasannya dalam mendekati Matahari teramati hiperbolik. Ada perbedaan menarik antara Borisov dengan 'Oumuamua. Para astronom yakin bahwa 'Oumuamua adalah objek berbatu solid, sementara Borisov merupakan komet yang secara jelas menampilkan ekornya. Coba lihat gambar di atas yang dipotret pada 12 Oktober 2019 melalui Teleskop Antariksa Hubble deh. Kamu bisa melihat bahwa Borisov memiliki konsentrasi debu yang melingkupi nukleusnya, yang diperkirakan memiliki diameter antara 2 hingga 16 kilometer. Pada saat Hubble memotretnya, komet ini sedang berjarak sekitar 418 juta kilometer jauhnya dari Bumi. Borisov saat ini masih bergerak mendekati Matahari, dan akan melakukan pendekatan terdekat ke Matahari pada 7 Desember 2019 dalam jarak sekitar 300 juta kilometer.

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram