Rabu, 09 Oktober 2019

NGC 7714: Ledakan Bintang setelah Tabrakan Galaksi

Kredit Foto: NASA, ESA, Hubble Legacy Archive;
Pemroses & Hak Cipta: Rudy Pohl

Penjelasan: Kalau diperhatikan, galaksi dalam gambar ini tampak seperti sedang melompati bagian tengah sebuah cincin raksasa yang tersusun dari bintang-bintang. Belum jelas bagaimana dinamika terjadinya peristiwa ini, sejauh ini diketahui galaksi yang dikatalogkan sebagai NGC 7714 itu telah terdistorsi karena tabrakan yang terjadi dengan galaksi tetangganya yang lebih kecil, NGC 7715. Berada di sebelah kiri dalam gambar di atas, NGC 7715 diduga telah menabrak NGC 7714, tabrakan yang membuat terjadinya ledakan pembentukan bintang pada bagian inti galaksi NGC 7714. Pengamatan menunjukkan bahwa cincin emas yang terdapat di tengah gambar ini terdiri dari jutaan bintang mirip Matahari yang kemungkinan bergerak bersama dengan bintang-bintang bagian dalam yang berwarna biru. Dipotret melalui Teleskop Antariksa Hubble, NGC 7714 terletak pada jarak sekitar 130 juta tahun cahaya dari Bumi di arah rasi bintang Pises. Interaksi antara galaksi-galaksi ini kemungkinan dimulai sekitar 150 juta tahun lalu dan akan berlanjut selama beberapa ratus juta tahun lagi, dan setelah itu akan membentuk satu galaksi baru.
Alih Bahasa: Indriani Iskandar