Senin, 07 Oktober 2019

Bayangan Io di Jupiter

Kredit Foto & Lisensi: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS; Pemroses: Kevin M. Gill

Penjelasan: Kamu tidak sedang melihat lubang hitam yang melahap Jupiter. Lingkaran hitam pada gambar ini merupakan bayangan dari Io, satelit alami Jupiter yang memiliki banyak gunung berapi. Io saat itu tepat berada di antara Matahari dan Jupiter sehingga bayangannya nampak di planet gas tersebut. Jika kamu berada di dalam lingkaran itu, kamu akan melihat gerhana Matahari yang disebabkan oleh Io. Bayangan Io memiliki diameter 3600 kilometer, hampir sama dengan diameter Io sendiri dan sedikit lebih besar daripada diameter Bulan. Gambar di atas merupakan gambar yang dipotret bulan lalu oleh wahana robotik NASA bernama Juno yang saat ini masih mengorbit Jupiter. Tiap sekitar dua bulan sekali, Juno melakukan terbang lintas melintasi Jupiter untuk melakukan pengambilan data dan gambar. Di antara banyak penelitian yang dilakukannya, Juno berhasil menemukan bukti bahwa sebagian besar penyusun planet Jupiter kemungkinan berwujud cair. Di bawah awan gas tebal Jupiter, planet gas tersebut bisa jadi memiliki lautan hidrogen cair yang memiliki kedalaman hingga inti planet.
Alih Bahasa: Naufal Farras