Selasa, 13 Agustus 2019

Meriam Supernova yang Menembakkan Pulsar

Penjelasan: Supernova dapat menembakkan bintang neutron layaknya bola meriam. Sekitar 10.000 tahun yang lalu, supernova yang menciptakan nebula bernama CTB 1 ini tidak hanya menghancurkan sebuah bintang masif, tetapi juga meledakkan inti bintang neutronnya yang baru terbentuk, yaitu sebuah pulsar, keluar dari galaksi Bimasakti. Pulsar tersebut, yang berputar 8,7 kali per detik, ditemukan menggunakan perangkat lunak yang dapat diunduh, yaitu Einstein@Home dengan melakukan pencarian melalui data yang diambil oleh Observatorium Sinar Gama Fermi yang mengorbit Bumi milik NASA. Mengembara lebih dari 1.000 kilometer per detik, pulsar PSR J0002 + 6216 (disingkat J0002) telah meninggalkan nebula CTB 1, dan bahkan cukup cepat untuk meninggalkan galaksi Bimasakti. Dalam foto ini, jejak pulsar terlihat memanjang ke kiri bawah sisa supernova. Foto ini merupakan kombinasi citra radio dari observatorium radio VLA dan DRAO, serta data yang diarsipkan dari obervatorium inframerah IRAS yang mengorbit Bumi milik NASA. Telah diketahui bahwa supernova dapat bertindak sebagai meriam, dan bahkan pulsar dapat bertindak sebagai bola meriam, tetapi yang tidak diketahui adalah bagaimana supernova tersebut melakukannya.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar