Rabu, 29 Agustus 2018

Bintang Variabel Cepheid RS Pup

Kredit Foto: NASA, ESA, Hubble Heritage; Pemorosesan: Howard Bond (STScI & Penn State U.)

Penjelasan: Inilah salah satu bintang terpenting di langit malam. Secara kebetulan, bintang tersebut tampak dikelilingi oleh nebula refleksi bercahaya. Bernama RS Puppis, ia merupakan bintang yang 10x lebih besar dibandingkan Matahari dan rata-rata 15.000x lebih cerah. RS Pup juga merupakan bintang variabel tipe Cepheid, kelas dari bintang yang kecerahannya digunakan untuk mengestimasikan jarak galaksi-galaksi terdekat. Perubahan berkala pada kecerahan bintang RS Pup dapat terlihat bersamaan dengan nebula yang kecerahannya tertunda sebelum waktunya. Hal itu dikenal sebagai pemantulan cahaya. Menggunakan pengukuran dari waktu yang tertunda dan ukuran sudut dari nebula, jarak ke bintang RS Pup pun diketahui, yakni sekitar 6.500 tahun cahaya, dengan estimasi galat kurang lebih 90 tahun cahaya. Teknik pengukuran jarak pemantulan juga berhasil mengetahui kecerahan bintang RS Pup dan bintang-bintang Cepheid lain secara lebih akurat, hingga memperdalam pengetahuan tentang jarak menuju galaksi lain. Gambar di atas dipotret menggunakan Teleskop Antariksa Hubble.

Alih bahasa: Septia Nurmala