Rabu, 25 Juli 2018

Sisi Tepi Galaksi Spindle

Kredit Foto & Hak Cipta: Adam Block, Mt. Lemmon SkyCenter, U. Arizona

Penjelasan: Benda langit apakah ini? Ini adalah sebuah galaksi biasa, tetapi dilihat dari sisi sampingnya. Banyak galaksi yang sebenarnya cakramnya sama tipisnya dengan NGC 5866 ini, tetapi tidak banyak yang terlihat dari sisi sampingnya dari sudut pandang kita di Bumi. Dikatalogkan juga sebagai M102, galaksi ini juga terkadang disebut sebagai Galaksi Spindle. Ia memiliki banyak jalur debu kompleks yang tampak gelap dan berwarna merah, serta banyak bintang terang di cakramnya yang memberikan rona warna dasar lebih biru. Cakram biru dari bintang-bintang muda tersebut dapat dilihat meluas melewati debu di bidang galaksi yang sangat tipis. Terdapat bukti bahwa galaksi Spindle telah melahap galaksi yang lebih kecil selama miliaran tahun terakhir, termasuk beberapa aliran bintang yang redup; debu gelap yang membentang jauh dari bidang galaksi utama; dan sekelompok galaksi di sekitarnya. Secara umum, banyak cakram galaksi begitu tipis karena gas yang membentuknya bertabrakan dengan dirinya sendiri ketika berotasi terhadap pusat gravitasi. Galaksi Spindle terletak sekitar 50 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi di arah rasi bintang Draco.

Alih bahasa: Indriani Iskandar