Minggu, 25 Februari 2018

AE Aurigae dan Nebula Bintang Berapi

Kredit Foto & Hak Cipta: Martin Pugh
Penjelasan: Tahukah kamu? Bintang AE Aurigae di rasi bintang Auriga dijuluki sebagai bintang berapi. Alasannya, bintang ini berada di sekitar nebula yang dijuluki sebagai Nebula Bintang Berapi, walaupun sebenarnya tidak ada yang terbakar sama sekali. Api adalah oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Namun, pada nebula yang dikatalogkan secara resmi sebagai IC 405 ini, materi yang tampak seperti api itu sebagian besar merupakan hidrogen antarbintang, yang mengandung butiran debu berupa filamen-filamen gelap yang kaya akan karbon. Bintang AE Aurigae sendiri terlihat di dekat pusat nebula, begitu panas sehingga tampak berwarna biru, memancarkan cahaya dengan sangat energik hingga membuat elektron terpisah dari atom-atom pada gas di sekelilingnya. Ketika atom menangkap kembali sebuah elektron, cahaya terpancar dan menciptakan pancaran nebula. Nebula Bintang Berapi terletak pada jarak sekitar 1.500 tahun cahaya yang jauhnya dari Bumi dan terbentang selebar 5 tahun cahaya.

Kredit Konten: AE Aurigae and the Flaming Star Nebula