Selasa, 23 Januari 2018

Galaksi Spiral NGC 1398

Kredit Foto: ESO

Penjelasan: Mengapa beberapa galaksi spiral memiliki cincin yang mengelilingi pusat galaksinya? Galaksi spiral NGC 1398 tidak hanya memiliki cincin yang tersusun dari bintang-bintang seperti kumpulan mutiara, tetapi juga memiliki susunan bintang dan gas yang berbentuk seperti batang melintang di tengahnya, serta tak ketinggalan adanya lengan spiral yang tampak seperti pita yang melingkar menjauhi pusat galaksi. Gambar galaksi spiral NGC 1398 dengan detail yang mengesankan ini diambil dengan teleskop Very Large Telescope milik ESO di Observatorium Paranal, Cile. Sang galaksi terletak sekitar 65 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, yang berarti cahaya yang kita lihat sekarang adalah cahaya yang meninggalkan galaksi ini saat dinosaurus menghilang dari Bumi. Galaksi yang fotogenik ini dapat dilihat dengan teleskop kecil di arah konstelasi Fornax. Cincin di dekat pusat galaksi kemungkinan adalah gelombang densitas yang meluas dari pembentukan bintang, yang disebabkan oleh pertemuan gravitasi dengan galaksi lain, atau oleh asimetri gravitasi galaksi itu sendiri.

Kredit Konten: Ribbons and Pearls of Spiral Galaxy NGC 1398