Senin, 13 November 2017

Komet Machholz Mendekati Matahari

Kredit Foto: NASA, SOHO, LASCO, Barbara Thompson (NASA’s GSFC)

Penjelasan: Baru-baru ini, sebuah komet bernama Komet 96P/ Machholz teramati sedang semakin mendekat ke Matahari, yang bahkan sekitar setengah jarak orbit Merkurius ke Matahari. Komet yang mendekati Matahari setiap lima tahun sekali ini masuk dalam bindang pandang wahana antariksa SOHO milik NASA yang bertugas memantau Matahari. Alhasil, SOHO pun berhasil melacak pergerakan terbaru komet tersebut saat mendekati Matahari pada Oktober 2017 kemarin. Gambar komposit ini memperlihatkan sang komet yang lengkap dengan ekornya yang memanjang, menukik membelakangi Matahari. Permukaan Matahari yang terang diblokir dari pandangan SOHO agar hasil gambar tidak silau, walau bagian dari korona Matahari masih dapat terlihat. Yang menarik dari komet ini adalah, ia mengandung lebih sedikit karbon daripada komet pada umumnya. Sebuah hipotesis mengungkapkan bahwa mendekatnya Komet Machholz dengan Matahari menyebabkan komet ini melepaskan atom karbonnya, sementara hipotesis lain mengemukakan bahwa Komet Machholz memang telah terbentuk dengan komposisi seperti sekarang ini, yang bahkan mungkin berasal dari sistem bintang lain.

Kredit Konten: Comet Machholz Approaches the Sun