Selasa, 17 Oktober 2017

GW170817: Tabrakan Dua Bintang Neutron

Ilustrasi Foto: Conceptual Imaging Lab NASA

Penjelasan: Gelombang gravitasi dan radiasi elektromagnetik telah terdeteksi secara bersamaan pada sebuah peristiwa kosmik untuk pertama kalinya, yakni dari tabrakan dua bintang neutron. Dideteksi pada 17 Agustus 2017 di galaksi NGC 4993 yang berjarak 130 juta tahun cahaya, gelombang gravitasi pertama kali dilihat oleh pengamatan LIGO dan observatorium Virgo di darat, sementara beberapa detik kemudian observatorium Fermi yang mengorbit Bumi mendeteksi sinar gamma, dan beberapa jam setelah itu, Hubble dan teleskop lainnya mendeteksi cahaya di seluruh spektrum elektromagnetik. Ini pertama kalinya gelombang gravitasi dapat “didengar” dan dilihat. Video di atas merupakan ilustrasi bagaimana peristiwa itu terjadi. Video menggambarkan bintang neutron panas saat mereka berputar satu sama lain dan memancarkan gelombang gravitasi. Saat mereka bergabung, sebuah jet kosmik menciptakan ledakan sinar gamma berdurasi pendek, sebuah peristiwa yang dijuluki sebagai kilonova. Tabrakan bintang neutron seperti itu diperkirakan telah mencemari alam semesta dengan banyak elemen berat seperti yodium yang dibutuhkan untuk kehidupan, serta uranium dan plutonium yang dibutuhkan untuk daya fisi nuklir.

Konten Kredit: GW170817: A Spectacular Multi-Radiation Merger Event Detected